DISKUSI PUBLIK RAPBD TAHUN ANGGARAN 2014 (Live Radio Suara Tipaloyo)

Written by admin. Posted in B3WP, BERITA, Polman, PROGRAM, SULBAR

Published on December 24, 2013 with No Comments

Senin 23 Desember 2013, Yamib (Swadaya Mitra Bangsa) Sulselbar bekerjasama dengan Jaringan Jurnalis MDG’s  (JJM) menyelenggarakan diskusi public RAPBD Tahun 2014 yang di Live dengan interaktif radio Suara Tipalyo dengan tema “Anggaran Kesehatan untuk Keselamatan Ibu dan Anak di Kab. Polewali Mandar”. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari program “Tata Kelola  Anggaran yang Berpihak kepada Perempuan dan Kelompok Miskin di Kab. Polewali Mandar, Mamuju dan Provinsi Sulawesi Barat”. Kegiatan tersebut didukung oleh The Asia Foundation dan Department of Foreign Affairs, Trade and Development Canada (DFATD).

Tujuan dari Diskusi Publik RAPBD Kabupaten Polewali Mandar TA 2014 yang dilaksanakan tersebut yaitu Adanya upaya masyarakat untuk mendorong perubahan kebijakan anggaran yang berorientasi pada pemenuhan hak-hak dasar warga terutama bagi ibu dan anak, Mendorong komitmen pemerintah daerah dalam peningkatan anggaran kesehatan terkait untuk keselamatan ibu dan anak dan Terpublikasinya hak-hak masyarakat miskin, perempuan, ibu, anak  dan kaum marginal lainnya  dalam skema perencanaan dan penganggaran daerah.

Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar yang diwakili oleh Muh. Arsyad (Kasubg Perencanaan Dinas Kesehatan Kab. Polewali Mandar) dengan tema “Mendorong Kebijakan Anggaran untuk Mewujudkan Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mengatasi Masalah Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Di Kab. Polewali Mandar”. Beberapa penyampaiannya yaitu terkait dengan Kebijakan Anggaran Untuk Keselamatan ibu dan anak adalah Mencoba menyeimbangkan anggaran pada bagian yang besar Anggaran dan pada bagian yang kecil Anggarannya, Komitmen adalah menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi, Mengatasi Masalah Anggaran output dan Hasil (outcome) yang tidak bermakna dan melakukan koordinasi dengan tepat terkait Dana lintas sektoral Kesehatan ibu dan anak (BKBPA, Ketahanan pangan, Bappeda dan Dinkes).

Sedangkan dari Legislatif diwakili oleh anggota komisi IV DPRD Kabupaten Polewali Mandar M. Fariduddin dengan tema “Mendorong Kebijakan Anggaran untuk Mewujudkan Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mendukung Peningkatan dan Maksimalisasi Alokasi Anggaran Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Di Kab. Polewali Mandar“. Dalam kegiatan tersebut disampaiakn bahwa akan mengawal anggaran kesehatan ibu dan anak agar tepat sasaran karena hal tersebut terkait dengan tupoksi Komisi IV DPRD yang membidangi masalah kesehatan. Bahkan ditambahkan bahwa DPRD siap memangkas anggaran perjalanan dinas untuk peningkatan anggaran kesehatan ibu dan anak.

Peserta serius mengikuti diskusi public RAPBD yang dilaksanakan di Warkop Dg. Sija

Peserta yang mengikuti Diskusi Publik tersebut yaitu dari dinas kesehatan, kepala puskesmas massenga pekkabata polewali, jaringan jurnalis MDG’s, LSM, kader desa, tokoh masyarakat, IRT, KPMD dan relawan desa Yasmib Sulselbar.

Beberapa SMS Interaktif Pemirsa di Rumah yaitu :

  • Kita ketahui bersama dengan pelayanan gratis, tetapi katanya masih ada Pustu yang melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan membayar pada saat berobat, kira-kira bagaimana tanggapan serta sikap Dinas Kesehatan dalam hal ini ???
  • Bagaimana tanggapan DPRD dan Dinas Kesehatan terkait mobil ambulans yang sudah afkir (tidak layak jalan) tapi ambulans Caleg Lebih Mulus.????
  • Sekedar saran, sosialisasi atau diskusi public ini dilakukan ditingkat kecamatan agar output yang diharapkan lebih maksimal ??????
  • Apresiasi kepada Yasmib, karena melakukaan kegiatan yang mendukung Ibu dan Anak, yang menjadi pertanyaan adalah sejauh manaanggaran untuk kesehatan ibu dan anak tersebut menyentuh langsung dan tepat sasaran dan jangan sampai dinikmati oleh oknumyang tidak bertanggung jawab.??????
  • Terkait dengan pelayanan, masih ada pustu yang melakukan pelayanan dengan membayar pada saat berobat, bagaimana tanggapan Dinkes ?????

No Comments

Comments for DISKUSI PUBLIK RAPBD TAHUN ANGGARAN 2014 (Live Radio Suara Tipaloyo) are now closed.