Pelatihan Membaca dan Menganalisis Anggaran Tingkat Dasar

Pelatihan Membaca dan Menganalisis Anggaran oleh Pusat Belajar Anggaran (PUSJAGA) YASMIB sulawesi bekerjasama dengan SEKNAS FITRA dilaksanakan di Makassar tgl 20-21 Desember 2019.

Dalam pelatihan ini peserta yg mendaftar terdiri dari beberapa stakeholder di antaranya dari unsur pemerintah, mahasiswa, CSO, dan Masyarakat umum/perorangan.

Hari pertama pelatihan dimulai dengan beberapa materi antara lain filosofi anggaran serta siklus dan pengenalan dokumen perencanaan penganggaran. Selain itu juga diperkenalkan tentang anggaran daerah, sekilas juga mengenalkan tentang proses perencanaan penganggaran di desa. Tergambar masih banyak diantara peserta yang belum mengenali semua jenisĀ  dokumen perencanaan penganggaran.

Hari Kedua barulah peserta fokus pada membaca dan menganalisis anggaran dengan membuka dokueman anggaran (APBD Provinsi SULSEL) sebagai bahan latihan.

Setelah mengecek apa yang mendasari keinginan para peserta berpartisipasi dalam pelatihan ini, diantaranya karena ingin mengetahui cara membaca dan bagaimana melakukan analisis anggaran. Mengingat anggaran pembangunan adalah anggaran rakyat yang kewenangan pengelolaannya diserahkan ke pemerintah.

Mengingat anggaran pembangunan adalah anggaran rakyat yang kewenangan pengelolaannya diserahkan ke pemerintah, maka perlu nya fungsi kontrol atas anggaran harus di kuatkan oleh masyarakat.

#PUSJAGA
#YASMIBSULAWESI
#SEKNASFITRA
#TranspatansiAnggaran
#MelekAnggaran