Hari Pendidikan Nasional dan Analisis Porsi Anggaran Pendidikan di Sulawesi Selatan

Pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya di peringati hari pendidikan nasional yang dirayakan secara menyeluruh di Indonesia. Tanggal 2 Mei ditetapkan menjadi hari pendidikan Nasional di latar belakangi hari dan bulan lahirnya pelopor pendidikan di Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara.

YASMIB Sulawesi salah satu lembaga yang juga konsen terhadap transparansi anggaran pembangunan indonesia  termasuk anggaran untuk aspek pendidikan, dari hasil analisis yang dilakukan sejak tahun 2018, masih ada beberapa kabupaten khususnya di Sulawesi Selatan yang porsi anggaran untuk pendidikan tergolong rendah.

Data dari infografis di atas juga menampilkan 3 (tiga) Kabupaten/Kota yang belum mematuhi Mandatory Spending untuk urusan pendidikan yaitu Kabupaten Kepulauan Selayar 14,6%, Kota Palopo 16,7% dan Kabupaten Tana Toraja 17.2% dari total APBD 2018 masing-masing daerah. Kabupaten Gowa menjadi daerah yang tertinggi mengalokasikan Belanja urusan Pendidikan sebesar 32,8%, Kabupaten Bulukumba 32% dan Kabupaten Pangkajene Kepualauan 31,1%.