Pemerintah Bone Komitmen Berikan Pelayanan Ramah Terhadap Disabilitas

Persatuan Penyandang Disabilitas Internasional (PPDI) Kabupaten Bone bersama Swadaya Mitra Bangsa (YASMIB) Sulawesi memperingati Hari Disabilitas Internasional di Lapangan Merdeka Kabupaten Bone, 1 Desember 2017

YASMIB.org – Pemerintah Kabupaten Bone menegaskan komitmennya terhadap pelayanan ramah disabilitas. Hal ini diungkapkan Asisten 2 Pemerintah Kabupaten Bone Andi Gunadil saat peringatan hari disabilitas internasional di Bone.

“Tidak ada boleh dibeda-bedakan karena kita yang non disabilitas dan disabilitas semua sama. Kita adalah saudara,” kata Andi Gunadil.

Dia menambahkan, sehubungan dengan masalah pelayanan terhadap disabilitas, pemerintah Kabupaten Bone mengupayakan pelayanan yang lebih ramah terhadap disabilitas di Kabupaten Bone.

Perayaan hari disabilitas internasional  merupakan peringatan tahunan yang disponsori Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992. Diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Peringatan ini bertujuan mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, mendapatkan hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Pada tanggal 1 Desember 2017 Persatuan Penyandang Disabilitas Internasional (PPDI)  Kabupaten Bone bersama Swadaya Mitra Bangsa (YASMIB) Sulawesi menyelenggarakan Peringatan Hari Disabilitas Internasional di lapangan merdeka Kabupaten Bone.

Perayaan dihadiri ratusan orang dari perwakilan pemerintah seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Sosial, serta yang mewakili Bupati Kabupaten Bone, Andi Gunadil Ukra, Asisten 2 Bidang Ekonomi, dan Pembangunan.

Perayaan dihadiri juga 9 Sekolah Luar Biasa (SLB) Se-Kabupaten Bone, Media, dan NGO/LSM di Kabupaten Bone.

Kegiatan dimulai sejak pagi, diawali dengan jalan santai. Mengelilingi Lapangan Merdeka

 

Acara ditutup dengan pembacaan dan penandatanganan komitmen bersama. Diharapkan setelah adanya komitmen dari BAPPEDA, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone bisa memberikan  pelayanan yang ramah disabilitas menuju Kabupaten Bone inklusif.