PRESS RELEASE-SERUAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN YANG LEBIH BERPIHAK PADA DISABILITAS

Press Release

Difabel Belum Merdeka

SDGs – Screaming to Development Goals

SERUAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

YANG LEBIH BERPIHAK PADA DIFABEL

 

logo-bergerak-untuk-disabilitas-55d9e255d59373c50af6103dTujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) merupakan komitment global yang ditandatangani Indonesia untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan yang masih terjadi di Indonesia.  Pada tahun 2030 target dari 17 tujuan pembangunan harus dicapai dengan semangat “TIDAK ADA SATUPUN YANG DITINGGALKAN”.  Tetapi pada kenyataannya:

Sejak diberlakukannya Undang Undang No 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Pada tanggal 15 April 2016, kondisi riil perlindungan terhadap difabel belum juga mengalami perubahan yang signifikan. Meskipun ada perubahan, namun kebijakan pemerintah masih dipandang belum sepenuhnya memenuhi dan melindungi hak-hak difabel.  Pengambilan keputusan sepihak dari pemerintah dalam memutuskan 1 PP untuk mewadahi banyaknya kebutuhan khusus difabel terkesan dipaksakan.   Atas desakan jaringan organisasi difabel pada tanggal 10 Agustus 2017 maka saat ini PP Sapu Jagat dibatalkan oleh pemerintah.  Pada akhirnya pemerintah mengakomodasi tuntutan jaringan organisasi difabel untuk segera menerbitkan 7 PP sebagai perwujudan implementasi UU Disabilitas no 8 tahun 2017.  Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pemerintah tersebut. 

Menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus 2017,  ada kebutuhan  untuk menyerukan keprihatinan bahwa difabel belum sepenuhnya merdeka Karena hak-hak dasarnya belum sepenuhnya dipenuhi dalam program-program pembangunan di Republik Indonesia..

  • Nike Air Max 90 Nero Uomo
  • Berdasarkan berbagai konsultasi yang dilakukan di tingkat lokal hingga global oleh berbagai jaringan organisasi difabel maka kami menyerukan tuntutan sebagai berikut:

    1. Pelibatan dan keterwakilan difabel secara aktif untuk penyusunan dan monitoring Peraturan Pemerintah turunan UU Disabilitas no. Nike Air Max 2017 Heren wit 8 tahun 2016. negozi new balance milano
    2. Organisasi difabel bersama organisasi masyarakat yang lain bersedia menjadi mitra strategis bagi pemerintah Indonesia di tingkat nasional dan lokal dalam mengawal proses pembuatan dan pelaksanaan Peraturan Pemerintah sebagai turunan UU no. 8 Tahun 2016.
    3. Mengarusutamakan isu difabel kedalam perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring atas pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia hingga tingkat lokal dan memastikan keterlibatan aktif difabel dalam prosesnya. Chicago Cubs World Series Champions Jersey
    4. Memasukkan isu pemenuhan hak dasar dan perlindungan difabel ke dalam Rencana Aksi Daerah untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di tingkat lokal seperti yang tertuang di dalam Peraturan Presiden no. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan memastikan alokasi anggarannya.
    5. Tata kelola pemerintahan yang bersih dari korupsi dalam pengelolaan program-program pemenuhan hak dasar dan perlindungan dan pemberdayaan kelompok rentan khususnya difabel.
    6. Komitment dan program yang lebih kongkrit untuk memastikan kapasitas difabel dan organisasi difabel hingga tingkat desa agar memiliki peran yang strategis dalam pembangunan. nike air max thea bianco donna
    7. Memastikan terpenuhinya perspektif dan keberpihakan difabel ke dalam kuota 2 % Pegawai Negeri Sipil dan quota 1 % dalam perusahaan swastayang telah diatur di dalam UU no.8 tahun 2016, serta memastikan terpenuhinya quota tersebut.
    8. Penting ketersediaan data difabel yang komprehensif dalam rangka tercapainya tujuan dari pembangunan yang inklusi.Oleh karena itu pemerintah dituntut segera melaksanakan survey difabel dan memasukkan tema difabilitas dalam sensus penduduk tahun 2020 dengan menggunakan instrument yang memasukkan kebutuhan khusus dan potensi difabel. Canotta Cleveland Cavaliers
    9. Mendukung upaya keberlanjutan yang dilakukan oleh organisasi difabel dengan cara mendukung local champion
    10. Mengaktifkan forum-forum komunikasi dan koordinasi lintas sektor
    11. Pentingnya dukungan media untuk menyebarluaskan praktek baik dan memonitoring pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) yang mengarusutamakan kelompok rentan khususnya difabel.
    12. Nike Air Max 90 Dames wit

    Demikian seruan kami dalam rangka mendorong terwujudnya pembangunan inklusi yang berpihak pada kelompok rentan khususnya difabel. Maryland Terrapins Tuntutan ini didukung oleh jaringan organisasi difabel Indonesia.